• 1
  • 4

..:: SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMA NEGERI 1 SUKODONO ::.. | Selamat Datang Peserta Didik Baru Kelas 10 - Selamat Bergabung di SMA Negeri 1 Sukodono

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMAN 1 SUKODONO

NPSN : 20313031

Jl. Raya Sukodono - Tanon KM.01, Kec. Sukodono, Kab. Sragen, Jawa Tengah


admin@sma1sukodono.sch.id

TLP : 0822 4353 0101


          

Banner

Jajak Pendapat

Ekstrakurikuler yang menjadi pilihanku di Sekolah ini adalah ?
Sepakbola/Futsal
Basket
Voli
Teater
Rohis
PMR
Badminton
Tenis
Pecinta Alam
Pramuka
  Lihat

Statistik


Total Hits : 2332915
Pengunjung : 798401
Hari ini : 60
Hits hari ini : 107
Member Online : 0
IP : 3.235.145.108
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • iL7C (Alumni)
    2014-01-13 15:08:42

    jejaring sosial khusus Keluarga SMA NEGERI SUKODONO >HEBAT< Tapi sayang belum gabung semua masih sepi>>>>>>>> harus ...
  • iL7C (Alumni)
    2014-01-13 14:50:55

    1|2
  • iL7C (Alumni)
    2014-01-13 14:49:59

    1|1
  • HARTONO SAKTI (Alumni)
    2013-09-26 21:29:00

    assalamu'alaykum teman..

Jejalah Wisata 2014 Membuka Mata Kita




Jelajah Wisata adalah kegiatan lintas alam. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang betapa pentingnya kita menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk merefresh kita dari rutinitas yang mungkin mulai menjenuhkan. Selain untuk merefresh, kegiatan hiking juga akan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan rasa kebersamaan diantara peserta hiking.


Ada istilah yang menyatakan, “In Hiking, the Journey is more important than the Destination (Dalam hiking, perjalanannya lebih penting dari pada tempat tujuan)”. Ada banyak istilah yang menggantikan kata hiking, tergantung kondisi alam yang dilalui dan jarak tempuhnya. Trekking, Backpaking, Bushwalking, Trailing dan Mountaneering adalah sebagian kecil aktifitas yang bisa masuk dalam kategori hiking. Bentuk paling dasarnya adalah “berjalan kaki”. Jika kamu mampu mengangkat dan melangkahkan kaki, berarti kamu mampu melakukan perjalanan (hiking). Dan pada tingkatan lebih lanjut, hiking bisa menjadi titik awal mempelajari kemampuan survival (bertahan hidup di alam), camping (berkemah), mountaneering (mendaki gunung), rock climbing (panjat tebing), kemampuan navigasi dan berbagai teknik dalam berkegiatan di alam terbuka.


Saat memikirkan kata hiking, yang berikutnya terpikirkan adalah alam terbuka, pemandangan yang indah, backpack (tas punggung) dan tenda.


Oke..oke…tentu Anda tahu bahwa hiking adalah olahraga yang baik dan cara yang baik untuk mendapatkan kedekatan kita dengan alam, yang mampu menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan batin. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari 1000 manfaat yang Anda dapatkan saat melakukan hiking.


Kata Hiking di SMA Negeri 1 Sukodono lebih popular di sebut JW atau Jelajah Wisata dimana kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan Dewan Ambalan “Satria Pratidina Sakti”  SMA Negeri 1 Sukodono yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X untuk menambah pengalaman, sportifitas serta keaktifan para siswa. Hal ini dikarenakan kegiatan ini penting dan memiliki banyak manfaat bagi siswa itu sendiri.


Kak Kus atau lengkapnya Muhammad Khuzaini ibn Ya’kub yang ditunjuk sekolah untuk menjadi Pembina Dewan Ambalan “Satria Pratidina Sakti”  SMA Negeri 1 Sukodono   menegaskan beberapa macam manfaat dari kegiatan Jelajah Wisata atau lintas alam ini, antara lain; Dapat meningkatkan rasa cinta terhadap alam, dapat melatih rasa kebersamaan dan kerjasama serta kekompakan setiap peserta. Sementara itu Kak Ras atau lengkapnya Rastri Nur Hayati, S.pd selaku Pembina putri menambahkan siapapun akan menyesal jika tidak mengikuti acara ini, karena acara Jelajah Wisata  ini sangat seru dan mengasyikkan. Terutama yang menyukai petualangan serta tantangan, lebih – lebih kalau tersesat wouw…. Kesannya tak habis-habis kayak promonya M3.


Pagi itu, tepatnya hari Senin tanggal 13 Oktober 2014 sekitar jam 07.00 di halaman SMA Negeri 1 Sukodono  mulai ramai berkumpul siswa-siswi dengan wajah yang ceria dan bersemangat lengkap dengan seragam pramuka dan perbekalannya siap untuk mengikuti Jelajah Wisata tahun 2014. Adapun rute yang akan ditempuh adalah lapangan desa Gumeng – Candi Cetho – Wana Wisata Segoro Gunung – Taman Hutan Rakyat (Tahura) – Candi Sukuh – dan berakhir di Air Terjun Jumog. Karena jaraknya sangat jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. maka Dalam kata sambutannya Bapak Tri Hartanto, S.Pd, M.Pd selaku  kepala sekolah SMA Negeri 1 Sukodono mengingatkan agar sebelum berangkat setiap siswa dipastikan sudah sarapan, selama perjalanan setiap siswa harus menjaga nama baik almamater sekolah, senantiasa menjaga kesehatan dan stamina,  menjaga kekompakan dengan siswa yang lain agar bisa cepat sampai menuju tujuan dan bisa melewati berbagai macam tantangan di setiap rute, baik lumpur, tanah yang licin, sungai, turunan, naikan gunung dan lainnya. Hal ini menyebabkan banyak peserta keletihan, namun mereka tetap harus antusias untuk tetap melanjutkan perjalanan mereka hingga stop digaris finishnya.


Kegiatan Lintas Alam ini benar-benar memberikan sejuta pengalaman, kesan, suka serta duka bagi setiap pesertanya. Meski benar-benar habis menguras tenaga, namun kesan yang ditinggalkan dari kegiatan ini benar-benar terasa. Salah satu seorang peserta yang ditemui untuk sharing mengenai kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini benar-benar amazing, “Aku nggak percaya, rasanya seperti mimpi, nurunin gunung yang licin, berjalan di tanah yang berdebu, menikmati indahnya panorama candi cetho, candi sukuh,segarnya air terjun jumog, dihukum karena ketahuan merokok,  wah, bener-bener nggak bakal terlupakan pengalaman yang satu ini, aku pingin ikutan lagi tahun depan”. Tutur Muhammad Rofingi salah satu siswa dari kelas X MS 3.


Hal lain yang membuat Jelajah Wisata kali ini istimewa adalah kegiatan ini dapat membuka mata kita untuk mencintai Alam tanah air sendiri, untuk tidak menebang dengan sewenang-wenang, membuang sampah sembarangan, mengotorkan udara dengan polusi dan menggunduli lahan produktif untuk dijadikan pemukiman. Kegiatan ini menyadarkan kita semua, bahwa manusia akan menjadi buta tanpa alam dan bisa buta karena alam. Alam telah menyediakan apa-apa yang dibutuhkan manusia namun bukan untuk terbuang percuma dan malah dirusak.


Diharapkan dengan kegiatan ini, semua siswa baik peserta maupun panitia serta pembina dapat menjadi lebih mencintai alam, lebih meningkatkan rasa kerjasama, kekompakan dan menciptakan pribadi yang kuat dalam mencoba dan menghadapi setiap tantangan. Semoga Jelajah Wisata tahun depan juga dapat berjalan dengan sukses dan lancar.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas